RSS

Menulis hanya 10 persen

12 Sep

Ini sih sekadar curhat saja…
Saya ada menulis lebih dari 10 novel dan hampir 6 penerbit, dan tahukah nasibnya
di pasaran? Wah, malu saya untuk mengatakan bahwa 10 novel itu tidak ada satupun
yang nembus batas psikologis penjualan buku.

Lalu, apa yang salah dengan naskah tersebut? Saya sudah serius memerhatikan
bahan tulisan saya? Saya sudah menggarap tema dengan dijaga banget, tapi kenapa
nggak laku? Padahal saya sudah pakai nama samaran yang berlabel KHAN biar banyak
yang menyangka kalau saya adalah kembaran SHAH SUKH KHAN dari India itu?

Tapi, suatu ketika saya menulis buku yang berbau Timur Tengah dan nama samaran
saya di rubah juga menjadi SAYYID MAULANA KHAN, tak sampai dua bulanan itu buku
udah cetak ulang…

Padahal, asli, saya menulisnya tak seserius buku-buku sebelumnya? Padahal, asli
banget…., saya tidak kepikiran ni buku bakal diterima pasar?

Lalu, saya diminta menulis sesuatu oleh sebuah penerbit… kali ini setting dan
persoalannya di dunia barat. Buku itu, kalau tidak salah akan terbit awal
Oktober 2007, Dan saya pun mengambil keputusan bahwa saya harus mencari nama
samaran baru.

Tidak pede?

Mungkin iya. Tapi jawaban yang pasti adalah menulis itu hanya 10 persen saja,
sisanya adalah faktor-faktor di luar menulis itu sendiri.

Nah, persenan yang lain diluar itu adalah
1. Naskah emang bagus banget
2. Yang nulis emang orang terkenal
3. Penerbitnya ok
4. Editornya cakap
5. Kaver bukunya ‘eye cacthing’ la
6. Distribusinya luas
7. Toko bukunya yang gede dan punya jaringan
8. Peletakan buku di rak tidak berebutan dengan buku lain
9. Dan …. kadang tergantung harganya

Di luar itu masih ada persenan yanglain, yaitu memang sudah nasib baik yang
dicurahkan oleh Allah Swt

Jadi memang kita hanya punya 10 persen….. saja

Tapi, walau hanya 10 persen, itu sudah merupakan modal yang cukup. So, menulis lah!

 
Leave a comment

Posted by on September 12, 2007 in Komunikasi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: