RSS

Ayo, Dukung Kegiatan Guruku Menulis

16 Sep

https://i2.wp.com/multiply.com/mu/arul/image/+MOiRw6PKyxO3hmBTis1Mg/photos/1M/300x300/57/guruku1.jpgSebagai tenaga pendidik, guru (juga dosen) dituntut untuk memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan pemerintah. Standar ini akan menjamin mutu guru, pengajaran yang dilangsungkan, dan juga kualitas lulusan dari pendidikan tersebut. Salah satu dari standar kompetensi tersebut adalah kemampuan menulis yang dibuktikan dengan publikasi karya guru baik di media massa, jurnal, maupun buku.

Namun, tidak semua guru memiliki kemampuan dalam menulis. Hal ini dikarenakan pendidikan formal yang ditempuh oleh guru tidak maksimal mengajarkan bagaimana seorang guru juga harus piawai dalam menulis. Juga, ketidak mampuan tersebut bukan karena guru tidak mau berusaha melainkan tidak ada peluang atau kesempatan bagi guru untuk mendapatkan pelatihan menulis, bahkan dengan tanpa biaya alias gratis, secara profesional.

Kegiatan Guruku Menulis ini akan dilaksanakan oleh jaringan organisasi seperti Forum Lingkar Pena khususnya Jakarta, Tangerang Selatan, dan Ciputat, Forum Pena Bergoyang, KAMMI UIN Syahid, serta guru-guru yang ada di sekitar Jadebotabek. Kegiatan ini dimotori oleh Kang Arul dengan lembaga Menulisyuk Komunikata; kegiatan ini pada dasarnya telah dilakukan sejak tahun 2007 lalu dan secara rutin dalam satu tahun selalu ada 4 sampai 5 kegiatan pelatihan menulis untuk guru, siswa, serta mahasiswa.

Hasil dari kegiatan Guruku Menulis ini, meski selama ini dengan nama yang berbeda, memberikan keluaran yang sangat positif dan menggembirakan. Selalu ada peserta kegiatan yang bisa menulis, memublikasikan karya mereka di media massa, dan juga sampai menerbitkan buku. Oleh karena itu, tidak berlebihan rasanya bila kegiatan ini tetap digulirkan dan dengan dukungan berbagai pihak, khususnya program CSR Bank Syariah Mandiri, diharapkan program ini bisa memberikan pelatihan menulis bagi lebih banyak guru-siswa-mahasiswa yang ada di Jabodetabek. Tidak menutup kemungkinan kegiatan ini juga akan dilaksanakan di berbagai daerah dan provinsi di Indonesia.

Bagaimana cara Anda mendukung kegiatan ini:

Untuk program yang diikut sertakan dalam kegiatan CSR Bank Syariah Mandiri, Anda cukup mengunjungi halaman kegiatan ini di http://www.syariahmandiri.co.id/bsm-care/usulan-anda/pendidikan/guruku-menulis/. Kemudian di halaman tersebut Anda bisa mengklik tombol like, tweet, pooling (gambar jempol di kotak hijau), dan memberikan komentar. Kami berharap Anda mau melakukan keempat cara dukungan tersebut. Anda juga bisa berpartisipasi dengan menyebarkan link atau tautan program ini di status Facebook, di Twitter, atau di stus jaringan sosial lainnya.

Kegiatan Guruku Menulis ini diikutsertakan untuk mendapatkan dana bantuan CSR Bank Mandiri Syariah dengan ketentuan program yang diajukan mendapatkan dukungan dari masyarakat tertinggi dibandingkan program lain. Jadi, kami berharap Anda bisa menjadi bagian dari kegiatan ini! Dengan kerendahan hati… kami harapkan dukungan Anda.

Ini link kegiatan: http://www.syariahmandiri.co.id/bsm-care/usulan-anda/pendidikan/guruku-menulis/

Penanggungjawab Kegiatan Guruku Menulis
Kang Arul
email : redaki@menulisyuk.com
Phone: 08128749407

Berikut ini penjelasan CSR Bank Syariah Mandiri terkait dukungan pendanaan bagi program yang mendapat dukungan tertinggi dari masyarakat

Anda ingin beramal dan perlu dana? Realisasikan niat baik Anda bersama BSM.

Sahabat BSM, segera usulkan niat baik Anda untuk membuat proyek amal. BSM siap menghibahkan dana maksimal Rp50 juta untuk aksi amal Anda. Aksi amal ini haruslah salah satu dari tiga jenis kategori, yaitu: Pendidikan, Lingkungan, dan Sosial. Bila usulan Anda memenuhi syarat dan ketentuan yang kami tetapkan serta mendapatkan dukungan tertinggi dari masyarakat, kami akan penuhi usulan Anda. Dukungan masyarakat tertinggi kami tunjukkan di halaman “Top 10”. Dukungan masyarakat dapat Anda dapatkan dengan Empat Cara yaitu mengajak orang lain untuk masuk ke halaman usulan Anda dan minta mereka untuk:

Cara 1, menautkan usulan ke twitter;
Cara 2, mengklik tombol Facebook Like;
Cara 3, meng-klik tombil bertanda jempol;
Cara 4, memberikan komentar positif, bila perlu.

Masing-masing cara tersebut memiliki bobot berbeda. Cara 1 memiliki bobot tertinggi, diikuti Cara 2, Cara 3, dan Cara 4. Sebagai informasi, Cara 4 memiliki bobot yang sangat kecil. Nilai akhir adalah kombinasi dari ke-empat cara tersebut.

BSM Care periode September – Oktober 2011

Jadilah pemberi usulan terbaik untuk periode ini. Usulan terbaik yang akan jadi pemenang adalah usulan yang:

memenuhi syarat dan ketentuan.
memiliki dukungan masyarakat tertinggi.

Usulan dengan dukungan tertinggi dari masyarakat akan kami verifikasi. Bila usulan tersebut memenuhi syarat dan ketentuan, akan jadi pemenang. Bila tidak, kami akan lihat usulan berikutnya. Begitu seterusnya.

Pemenang akan kami umumkan pada minggu pertama November 2011 melalui: http://www.syariahmandiri.co.id

Tips

Untuk bisa menduduki usulan dengan nilai akhir tertinggi, para Sahabat BSM dapat mencoba tips berikut ini:

  1. Usulkan kegiatan amal (pendidikan, sosial, atau lingkungan) yang betul-betul dibutuhkan di lingkungan Anda dan berdampak besar bagi masyarakat sekitar.
  2. Hindari diskualifikasi dengan menjunjung tinggi validitas data kebenaran usulan, usulan itu benar-benar kegiatan amal, secara teknis dapat dilakukan, dll. Sekali lagi, lihat syarat dan ketentuan kami.
  3. Ajak kenalan Anda untuk:
    Masuk ke halaman usulan Anda. Disarankan Anda meng-copy web address yang ada di bagian atas peramban (browser) yang Anda gunakan.
  4. Bagikan web-address usulan Anda melalui berbagai cara, bisa melalui SMS, Instant Messaging, milis, berbagai media sosial, dan lain-lain. Bahkan bila Anda punya website, Anda dapat menempatkan banner yang ditautkan ke usulan Anda tersebut.
  5. Ajak kenalan Anda tersebut untuk mendukung usulan Anda dengan mengikuti Empat Cara di atas.
  6. Pantau terus perkembangannya dengan membandingkan profil usulan Anda dengan usulan yang telah masuk Top 10.
  7. Terus berusaha agar usulan Anda masuk Top 1.
 
Leave a comment

Posted by on September 16, 2007 in Agenda Acara, Komunikasi, Writers Marketing

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: