RSS

Blog adalah …

05 Jan

Sebelum tahun 2000, internet hanya dihuni oleh situs-situs milik pemerintah, perusahaan swasta, lembaga pendidikan, yayasan, atau kelompok usaha dan lembaga-lembaga sosial semata. Artinya, situs yang ada di internet adalah milik organisasi atau institusi tertentu. Teramat jarang, bahkan bisa dihitung dengan mudah, situs yang dimiliki oleh perorangan. Selain karena alasan mahal, juga karena pengelolaan situs pribadi yang rumit karena harus menguasai bahasa pemograman tertentuseperti html (HyperText Markup Language) sebuah ‘bahasa markup’ yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser internet. Sementara bila menggunakan jasa tenaga ahli, bisa-bisa dompet terkuras habis.

Nah, memasuki tahun 90-an, rupanya banyak perusahaan penyedia layanan internet yang juga memberikan beragam fasilitas dan kemudahaan bagi siapapun yang ingin memiliki situs pribadi. Apalagi pada Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab –sebelum diakuisisi oleh Google.com– meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapapun memiliki blog secara gratis. Tak heran, jumlah pengguna internet atau netter yang memiliki blog pun semakin meningkat. Sekarang saja sudah lebih dari 70 juta blog!

Penyebutan blog sendiri pada awalnya digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Menurut Barger yang namanya blog itu adalah;

  1. A weblog (sometimes called a blog or a newspage or a filter) is a webpage where a weblogger (sometimes called a blogger, or a pre-surfer) ‘logs’ all the other webpages she finds interesting.
  2. The format is normally to add the newest entry at the top of the page, so that repeat visitors can catch up by simply reading down the page until they reach a link they saw on their last visit. (This causes some minor, unavoidable confusions when the logger comments on an earlier link that the visitor hasn’t reached yet.)

Menurut Deborah Ng saat membahas Whats Blog?, menyimpulkan bahwa setidaknya yang dinamakan blog itu memiliki komponen sebagai berikut;

Subject or Header, setiap entry yang ada di blog pada dasarnya memiliki judul. Sama halnya dengan judul yang ada di kertas memo atau di e-mail, ini menandakan apa yang sebenarnya yang terdapat dalam blog tersebut.

Content or Body, ini adalah sumber dan pusat dari blog. Bahwa apa yang terjadi, membahas soal apa, dan jenis blog dapat diketahui. Ibarat kata “The meat of your blog, this is where it all happens”.

Comments, atau komentar adalah fitur yang memungkinkan pengunjung blog untuk terlibat diskusi berkaitan dengan isi blog yang diposting. Banyak blogger dan pembaca blog yang memberikan apresiasi tinggai dalam komunitas blog dikarenakan adanya fitur komentar ini.

Time and Date Stamp, penanggalan merupakan salah satu ciri khas blog yang memang dibentuk sesuai dengan kronologis waktu sehingga memudahkan pengunjung atau pembaca blog mengetahui kapan posting tersebut dibuat. Juga, bila tema tulisannya terbagi dalam beberapa bagian, dengan adanya kronologis waktu jadi dapat mengetahui bagian mana yang harus dibaca terlebih dahulu.

Link, dalam blog selalu ada link atau tautan/jaringan. Link yang terdapat di dalam blog biasanya adalah alamat blog dari yang dikenal. Bisa juga memuat sumber-sumber penting dari situs yang perlu diketahui oleh pengunjung blog.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setidaknya ada beragam ciri khas yang bisa menandakan apa yang dimaksud dengan blog, yaitu situs milik pribadi, isinya selalu baru alias seringkali di-update , pengujung dapat membaca dan memberikan komentar terhadap isinya, ada tautan atau link yang memudahkan pengunjung melihat, misalnya, sumber tulisan atau situs-situs menarik.

Nah, definisi ini semakin menarik apabila membaca tulisan Roger Yim yang merupakan kolumnis media San Fransisco Gate. Artikelnya yang dipublikasikan pada Februari 2007 menyatakan bahwa pengertian blog mengacu pada pengertian situs yang dikelola secara pribadi dan berisi kegiatan sang pemilik blog dalam kesehariannya serta memuat daftar link di internet.

Siapapun sekarang bisa menjadi blogger. Baik politikus, artis, penyanyi, karyawan, mahasiswa, pelajar, sampai kaum ibu pun nggak ketinggalan bikin blog.

Mulai dari bangun tidur, ngebersin kamar, milih pakaian atau parfum, kejadian di atas bis, pertemuan di kampus atau sekolah, saat jalan-jalan di mall, sayur-lauk apa yang dimakan saat makan malam, ketika mau tidur sampai semalam mimpin apapun dapat ditemukan di blog.

Kalaupun ada isi blog yang bicara politik, pendidikan, masalah-masalah sosial, sampai agama, tetapi tetap saja yang namanya blog itu adalah pandangan dari si empunya. Artinya, misalnya nih, soal ribut-ribut siapa calon Presiden Indonesia yang cocok untuk pemilu mendatang, tetap saja peristiwa yang ditulis di blog adalah sesuai dengan sudut pandang dan pemikiran blogger tersebut. Apalagi kalau entry tersebut dikomentari oleh pengunjung, tetap saja nuansa ‘pribadi’-nya tetap kelihatan.

Mengutip penelitian Adi Onggoboyo, survey yang dilakukan oleh www.octave.or.id mendapatkan 52,46% dari 122 blogger banyak mengisi blognya dengan diary pribadi atawa curahan hati.

Karena itulah blog, sesuatu yang mencerminkan seorang blogger. Konon kabarnya, untuk melihat kepribadian dan kebiasaan seseorang kita bisa mengintip dari blognya.

Referensi… 

Berger, Pam, Are You Blogging Yet?, Infromation Searcher 14 No.2, 2003

Booth, Stephanie, Hosted Blog Platform Test Write-Up, Climb to the Stars, http://climbtothestars.org/archives/2004/12/11/hosted-blog-platform-test-write-up, dilihat 19 Nopember 2007

Coggins, Sheila Ann Manues, Education Blog, http://weblogs.about.com/od/educationsblogs, dilihat 19 Nopember 2007

Deborah Ng, 16 Things You Need to Make it as a Successful Blogger,

http://weblogs.about.com/od/bloggingbasics/tp/Be-a-Succefful-Blogger.htm dilihat pada 19 Nopember 2007

—————-, How to write a blog, http://weblogs.about.com/od/bloggingbasics/p/Howtoblog.htm dilihat pada 19 Nopember 2007

—————-, Top 16 Tips for Choosing a Blog Name, http://weblogs.about.com/od/bloggingbasics/tp/blogname.htm pada 19 Nopember 2007 

 

 
Leave a comment

Posted by on January 5, 2008 in Catatan, Media Sosial

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: