RSS

Blog, Don’t Leave Behind!

05 Jan

1,262,032,697

Angka di atas bukan nomor undian dan juga bukan kode voucher isi ulang, tapi itu adalah jumlah pengguna internet yang ada di dunia versi Internetworldstats ( www.internetworldstats.com) untuk tahun 2007 saja. Dari jumlah tersebut ada sekitar 459.476.825 pengguna internet yang berasal dari Asia atau sekitar 36,9 persen.

Data ini membuktikan bahwa internet bukan lagi menjadi ‘sesuatu’ yang aneh, asing, dan hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu saja. Sekarang diberbagai tempat, bahkan sampai ke pelosok desa, banyak tersedia warung internet atau warnet; yang hanya dengan bermodalkan uang sekitar tiga ribu rupiah saja siapapun bisa berselancar di dunia internet selama satu jam.

Lalu, apa sih yang dicari di internet itu?

Hmm… dengan internet banyak yang bisa didapatkan; mulai dari cara membuat tempe sampai cara membuat pesawat, mulai dari resep masakan sampai cara merakit satelit, mulai dari mendengarkan lagu-lagu terbaru sampai nonton pertandingan sepak bola secara realtime atau langsung. Pokoknya internet ibarat mall yang menyediakan apa saja.
Selain kegunaan internet sebagai sumber informasi dan berita, internet juga menyediakan fasilitas komunikasi. Fasilitas tersebut berupa surat elektronik atau e-mail, ruang mengobrol atau chatting , grup diskusi yang disebut dengan milis atau kependekan dari mailing list, bahkan menjadi sarana seseorang untuk menuliskan apa saja.

Yang disebut terakhir itulah yang dinamakan dengan BLOG!

Nah, dari angka 1.248.357.426 pengguna internet di seluruh dunia, ada sekitar 62,66 juta pengguna internet yang memiliki website pribadi atau Weblog; lebih populer, sih, disebut dengan BLOG! Bahkan Technorati (www. technorati .com) mencatat di awal tahun 2007 ada sekitar 70 juta blog di dunia. Bandingkan dengan tahun 2003 yang hanya di bawah 2 juta blog!

Untuk kawasan ASIA sendiri jumlah blog yang ada sekitar 24,5 juta. Korea Selatan memiliki jumlah blog sekitar 15 juta, Cina empat juta blog, Jepang 3,35 juta blog, dan sisanya merupakan blog yang berasal dari Asia Tenggara.

Dari segi pengguna internet, Indonesia sendiri menempati urutan ke-14 setelah Canada dan Meksiko. Sementara jumlah pengguna blog di Indonesia mencapai 130 ribu, dan diperkirakan dalam satu-dua tahun ke depan jumlahnya akan menembus angka satu juta.

Wow, banyak sekalee…!

Buat yang merasa nggak mau ketinggalan dengan informasi dan teknologi terkini, jadilah satu dari jutaan pemilik blog yang ada di dunia ini. Saatnya kita punya BLOG dan saatnya juga kita menebarkan kebaikan melalui BLOG!

 
Leave a comment

Posted by on January 5, 2008 in Catatan, Media Sosial

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: