RSS

Kebiasaan (Menjemukan) Penulis

18 Mar

Beberapa waktu lalu kang arul mengirimkan sebuah email di milis tentang kebutuhan sebuah penerbitan baru akan tenaga editor dengan status karyawan tetap. Dalam email tersebut jelas sekali disebutkan bahwa yang dibutuhkan adalah EDITOR dan posisinya KARYAWAN TETAP. Belasan bahkan puluhan email langsung masuk ke dalam tiga inbox atau kotak masuk surat.

Menggembirakan? Hmm, pada awalnya sih iya. Tetapi setelah dibaca satu demi satu, ternyata kegembiraan itu pupus sudah. Kalau ada skala antara 1 sampai 10 maka saya berada di point 2,5. Sedih banget. Apa pasal? Pasalnya ada kalanya untuk coba-coba yang nggak ada gunanya. Sudah tahu yang dibutuhkan EDITOR eh masih nanya lagi apa sih kerjaan editor itu. Padahal kalau lebih seksama lagi kan bisa searching tuh ke Yahoo atau tanya ke om GOOGLE. Dipastikan dua mesin pencari itu akan menjelasakan secara detail pekerjaan editor bahkan sampai organisasinya.

Yang sudah pasti nyarinya tenaga tetap. Masih aja ngirim email dan nanya ‘boleh freelance nggak?’ Duh, mak…. ada apakah dengan semua itu? Apakah sebagian kita kurang memperhatikan apa yang sudah tertera. Juga, ketika seorang penulis mengirimkan naskahnya; dipengumuman sebelumnya sudah tertulis minimal 200 halaman, tapi nekat juga ngirimin 150 halaman. Tentunya yang terjadi naskah itu langsung ditolak, dan kejamnnya lagi dibuang ke dalam tong sampah. Sudah tahu internet memudahkan jalur informasi dan data, masih aja nanya ke orang redaksinya ‘Mas, alamatnya di mana ya?”

Wah, percaya deh kalo sering seperti ini, siapapun tidak akan pernah jadi penulis profesional dan jelas sekali jaringan atau hubungannya dengan banyak klien akan berkurang bahkan menghilang. So, cobalah memperhatikan segala hal. Baca dengan teliti dan pahami. Termasuk isi email peluang menulis dari penerbit!

 
Leave a comment

Posted by on March 18, 2008 in Writers Marketing

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: