RSS

Writers Marketing: KATALOG Bag 1

30 Apr

Adalah hal yang lumrah apabila penulis (pemula) sering kebingungan soal ‘nasib’ naskah yang ditulisnya.  Dia sudah berusaha dengan segenap jiwa, tenaga, bahkan sampai ke finansial untuk menggarap sebuah naskah, tetapi hasil yang didapatkan sepertinya jauh dari harapan sebuah pengorbanan itu. Sebuah kalimat yang kerap dilontarkan adalah ‘kok, naskah saya ditolak lagi’.

Pada umumnya, walau ini tidak bisa digeneralisasikan, sebuah naskah jarang ditolak hanya karena alasan salah titik komanya, nggak betul menggunakan tdana kutip, atau ada kalimat atau kata yang salah ketik. Apalagi cuma karena judulnya yang kurang menarik. Atau yang lebih parahnya lagi nama penulisnya yang nggak marketable banget.

Obrolan kang arul dengan ali muakhir pagi ini menemukan sebuah muara bahwa penolakan naskah itu lebih kepada (1) tema yang diangkat, (2) bagaimana kepiawaiaj merealisasikan tema itu kedalam naskah yang ditulis, dan yang lebih penting lagi (3) apakah naskah yang diterbitkan ini akan laku di pasaran atau tidak.

Tiga kategori ini dalam writers marketing menempati posisi yang cukup penting. Seorang penulis (pemula) selayaknya menjadikan tiga kategori ini sebagai pertimbangan yang dipikirkan masak-masak sebelum menawarkan naskah ke penerbit; bahkan jauh sebelum naskah itu ditulis.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana mengetahui bahwa ketiga kategori yang diinginkan oleh penerbit ini?

Dalam pembahasan soal writers marketing terdahulu (bisa dilihat di situs www.menulisyuk.com) bahwa tiga rumus yang harus dimiliki oleh penulis adalah SoPaN, yaitu Skill or Popular, and Networking. Dalam kasus ini kata Networking menjadi tema utama. Kita bisa mengetahui kategori ini apabila memiliki jaringan yang bagus dan baik dengan pihak penerbitan. Apalagi sudah nge-friend dengan orang-orang redaksinya, jadi kita bisa diskusi panjang tentang ‘apa yang dibutuhkan penerbit’, ‘tema apa yang sedang laris’, ‘berapa halaman yang diinginkan’, dan sampai ‘daftar isi apa yang dimaui’.

Lalu, bagaimana kalau kita sebagai penulis (pemula) belum mahir soal jarinngan ini?

Jawabannya mudah dan selama ini ada di depan mata; KATALOG buku.

 
Leave a comment

Posted by on April 30, 2008 in Writers Marketing

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: