RSS

Blogbrary dari Para Blogger

05 May

Minggu, 04 Mei 2008
Mereka rajin menulis di blog. Mereka saling berkomunikasi. Dan, mereka menyumbangkan buku.

Menulis dalam blog pribadi di internet sudah menjadi kebiasaan Arul Khan. Aktivitas di dunia maya itu banyak menyita hari-harinya. Tidak tanggung-tanggung, ia memiliki sedikitnya 25 blog di internet. ”Semua aktif,” kata alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta itu.

Tak sekadar menulis di blog pribadi, master ilmu komunikasi lulusan Universitas Moestopo (Beragama), Jakarta, ini pun selalu aktif menjalin komunikasi dengan sesama blogger. Komunikasi rutin itu ia lakukan melalui mailing list (milis) blogger/. Sekitar dua tahun lalu, blogger yang tergabung dalam milis itu bermufakat menyamakan langkah dalam wujud kepedulian dengan sesama. Mereka berniat mengumpulkan buku-buku dan bahan bacaan lainnya untuk disumbangkan kepada lembaga pendidikan atau masyarakat yang membutuhkan. Dari upaya itu, terkumpul sekitar 400 judul buku dan bacaan lainnya.

Buku terkumpul, permufakatan kembali dijalin. Mereka mencari lembaga pendidikan yang dianggap amat membutuhkan. Ada yang mengusulkan, bantuan diteruskan ke yayasan yang ada tempat-tempat kumuh. Usul itu diterima. Setelah melakukan pengamatan di lapangan, buku-buku dan bahan bacaan itu kemudian disalurkan ke sekolah yang berada di kampung kumuh dan taman bacaan di Bekasi dan Bandung.

Tapi, kegiatan itu berhenti begitu saja setelah penyaluran buku rampung. Aktivitas yang sama tak ada lagi, meski komunikasi dengan sesama blogger di milis terus berjalan. Tahun pun berganti. Dari komunikasi yang mereka jalin, ternyata banyak anggota milis yang mengaku memiliki banyak buku dan majalah. Arul tersentak. Ia teringat upaya yang pernah mereka lakukan tahun sebelumnya, mengumpulkan buku-buku dan bahan bacaan lainnya untuk diteruskan kepada sekolah atau lembaga masyarakat yang membutuhkan. ”Saya lalu berpikir, kenapa tidak dibuat gerakan saja?” katanya.

Tak ingin berlama-lama didera tanya seperti itu, pria yang mengaku sebagai pendiri Indonesian Muslim Blogger ini segera melontarkan gagasannya itu melalui milis. Dia mengemukakan keinginannya membuat Blogbrary –perpustakaan untuk anak Indonesia dari para blogger. Ini adalah kegiatan sosial para blogger: Blogger Social Responsibility (BSR)) untuk anak Indonesia.

Tak ia bayangkan, respons segera muncul di milis. ”Satu jam pertama, sudah ada yang respons,” ucapnya. Perespons pertama adalah Aulia Halimatussadiah, direktur toko buku online, Kutukutubuku.com. ”Ibaratnya gayung bersambut, itu sesuai dengan misi kami,” ucap Aulia, perempuan yang akrab disapa Ollie itu.

Ollie menyatakan tertarik dengan program ini karena sejalan dengan misi toko buku online yang dikelolanya. Selama itu ia merasa ingin berbagi buku-buku dan bahan bacaan lainnya, tapi belum menemukan jalan yang tepat. Karena itu, sesaat setelah membaca gagasan itu dari milis blogger, ia segera memberikan respons sebagai wujud dukungan.

Rupanya, langkah Ollie diikuti juga oleh para anggota milis. Dua hari setelah gagasan itu dilontarkan, delapan penerbit buku sudah menyatakan kesediaannya untuk ikut berpartisipasi. Menurut Arul, sampai hari kesepuluh, sudah terkumpul tak kurang dari 250 judul buku, sekitar 200 buku di Jakarta dan kurang lebih 50 judul buku lainnya di Bandung. Dari buku-buku yang terkumpul itu, diperkirakan ada 30 persen dari penerbit dan 70 persen dari para blogger.

Merasa memperoleh banyak dukungan, Sabtu (26/4) dilakukan peluncuran program Blogbrary di Asia Bistro, Grand ITC Permata Hijau, Jakarta. Peluncuran ditandai dengan pemberian sumbangan secara simbolis dari Kutukutubuku.com.

Proyek contoh
Setelah peluncuran program, Arul dan kawan-kawan sudah berencana menyalurkan bantuan buku-buku yang terkumpul untuk perpustakaan di sebuah sekolah di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan. ”Sekolah ini akan menjadi proyek percontohan,” jelas Arul.

Penentuan sekolah calon penerima, menurut Arul, berdasarkan informasi dari Septi, salah seorang anggota milis yang berdiam di sekitar sekolah tersebut. Itu pun setelah lebih dulu diperoleh profil dan foto-foto sekolah. Arul, memang tidak jalan sendirian. Saat ini, kata dia, sedikitnya sudah ada tujuh perwakilan para blogger yang menjadi sentra pengumpulan, tersebar di berbagai kota: Jakarta, Bandung, Banten, dan Yogyakarta.

Selain itu, masih ada sejumlah blogvolunter yang siap berpartisipasi, mendatangi para penyumbang bila tak sempat mengirim langsung ke sentra pengumpul. ”Teman-teman blogger banyak yang mahasiswa, yang bersedia mengambil,” kata Arul. burhanuddin bella

Sentra Pengumpulan Buku

Jakarta Pusat: Nanang (08128624488/71271367)
Jakarta Selatan: Septi/Ummi Safna (08561131243) Jl Swadaya I No 42, RT 13 RW 09, Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jaksel

Bandung: Teny Indah Susanti (08170210787) Jl Kemala No 5 Taman Cipadung Indah, Soekarno-Hatta, Bandung 40614 atau Rina Mutaqinah (085221141700), Yayasan Baiturrahman Jalan Babakan Radio No 52 RT 01/07 Kec Rancaekek Wetan, Kabupaten Bandung 40394

Banten: Novia (0817804088), Kompleks Pondok Pucung Indah II Blok B5 No 10, Poncok Pucung, Tangerang Yogyakarta: A Rhama S (08562800950) Sekretariat myQuran Jogja, Jl Jembatan Merah, Prayan Wetan No 26 (Puri Gejayan Indah) Condongcatur, Depok Sleman, Yogyakarta 55283

Surabaya: Aridaistia (081331705940)
Kalimantan Barat: Rasiam 081345250999

 
2 Comments

Posted by on May 5, 2008 in Catatan, Writers Marketing

 

2 responses to “Blogbrary dari Para Blogger

  1. syarifudin

    August 26, 2009 at 5:05 am

    makasih infonya

    Like

     
  2. dr. Abdulloh

    January 10, 2011 at 11:54 pm

    makasih infonya

    Like

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: