RSS

Writers Marketing: KATALOG Bag.2

09 May

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia cetakan ketiga yang diterbitkan Balai Pustaka pada halaman 515 disebutkan bahwa

ka.ta.log n 1 caik kartu, daftar, atau buku yg memuat nama benda atau informasi tertentu yg ingin disampaikan, disusun secara berurutan, teratur, dan alfabetis: kartu– membantu memudahkan orang mencari buku di perpustakaan; 2 Man daftar barang yg dilengkapi dng nama, harga, mutu, dan cara pemesanannya;

Berkaitan dengan penerbitan buku, katalog yang dicetak dan dibagikan secara gratis –biasanya pembagian gratis ini dilakukan pada saat penerbit bersangkutan mengikuti pameran-pameran buku atau event lainnya– kepada (utamanya) target pembeli produk buku mereka. Dengan pemberian katalog tersebut diharapkan pengunjung mengetahui apa produk bukunya, bagaimana kaver buku-bukunya, berapa harga yang mesti dibayar untuk sebuah buku, apa saja informasi yang terkandung dalam buku seperti ISBN, jumlah halaman, cetakan ke berapa, dan sebagainya, dan yang lebih penting adalah informasi tentang profil perusahaan penerbitannya.

Selain pengunjung mendapatkan informasi, pembagian katalog juga merupakan salah satu bukti seberapa terkenal dan kuatnya sebuah perusahaan penerbitan tersebut. Walau dalam kasus tertentu hal ini tidak bisa digeneralisasi, namun bagaimana katalog itu dibuat oleh penerbitan merupakan pertanda seberapa seriusnya mereka menjalankan usaha penerbitan tersebut. Ada katalog yang dibuat seperti buku; halamannya berwarna semua, kavernya dof, dan dari jauh keliatan sama saja seperti majalah yang keren. Ada katalog yang hanya dibuat di kertas selembar dan hanya memakai warna yang duotone alias dua warna. Dari dua jenis katalog yang dibuat, tentu yang pertama akan mendapatkan perhatian lebih.

Dalam ilmu Writers Marketing, katalog sebenarnya merupakan rahasia penerbitan yang layaknya harta karun. Sebab, dalam katalog banyak informasi yang bisa didapatkan;

Pertama, Kontak Penerbit. Katalog harus memuat informasi alamat perusahaan penerbitan, nomor telepon yang bisa dihubungi, bahkan sampai alamat emailnya. Bagi penulis, dengan adanya informasi ini jelas memudahkan berhubungan dengan penerbit. Mengembangkan NETWORKING atau jaringan baik secara online maupun secara offline.

Kedua, Tema Buku. Membaca katalog berarti membaca tema buku apa saja yang diterbitkan oleh penerbit tersebut. Nah, informasi ini sangat berharga bagi penulis karena penulis akan tahu tema-tema seperti apa saja yang ‘mau’ diterbitkan oleh penerbit yang bersangkutan. Tentunya hal ini mengantisipasi kerugian sia-sia karena mengirim naskah dengan tema yang nggak sesuai. Misalnya penerbit yang hanya menerbitkan naskah-naskah nonfiksi, tapi dikirimi naskah fiksi. Jelas ini tidak nyambung.

Kedua, Yang Belum Diterbitkan. Katalog yang dikumpulkan (apalagi penulis yang rajin mengumpulkan katalog penerbitan dari tahun ke tahun) adalah dokumentasi buku-buku apa saja yang pernah diterbitkan oleh penerbit bersangkutan. Informasi ini jelas berharga karena penulis jadi tahu apakah naskah yang (akan) ditulisnya apakah penerbit tersebut pernah menerbitkan yang sejenis atau tidak. Sebab dalam dunia marketing penerbitan ‘untuk apa menerbitkan naskah yang sama?’ Nah, dengan demikian penulis bisa lebih sensitif untuk tidak asal saja mengirimkan naskahnya.

Itulah katalog. Jadi kalau jalan-jalan ke pameran buku jangan hanya nyari yang diskonnya aja, tapi kumpulan katalog yang selalu… GRATIS!

Note: Foto dari www.corbis.com

 
3 Comments

Posted by on May 9, 2008 in Writers Marketing

 

3 responses to “Writers Marketing: KATALOG Bag.2

  1. Eva Dwi Kurniawan

    May 20, 2008 at 2:19 pm

    bentuk katalog juga memiliki arti penting bagi calon konsumen

    Like

     
  2. ndoro kakung

    May 27, 2008 at 9:37 am

    mampir cuma untuk menunjukkan ini saja. ring a bell?

    Like

     
  3. Hendrawan

    May 30, 2008 at 3:27 am

    ho.. gitu to..

    Like

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: